Visi, Misi, Tujuan
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
📖 VISI ~ MISIÂ
Visi ~ MisiÂ
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Visi Program Studi PAI STIT Insan Kamil Bogor :
 "Menjadi Program Studi Unggul dalam Membentuk Pendidik yang Insan Kamil Pada Tahun 2030"
Misi Program Studi PAI STIT Insan Kamil Bogor :
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdaya saing berlandaskan aqidah dan syari'ah ahlus sunnah wal jama'ah di bidang Pendidikan Agama Islam dalam membentuk pendidik yang Insan Kamil.
Melaksanakan tradisi akademik menuju kemantapan akhlaqul karimah, terampil berbahasa Arab dan Inggris, mampu menghafal Al-Qur'an, serta memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
Melaksanakan kegiatan penelitian dalam kajian Pendidikan Agama Islam khususnya dalam bidang aqidah dan akhlaq.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari hasil pembelajaran dan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mencetak pendidik yang Insan Kamil.
Tujuan Program Studi PAI STIT Insan Kamil Bogor :
Tujuan Umum :
"Membentuk sarjana Pendidikan PAI yang ahli dalam Ilmu Pendidikan dan tenaga pendidik yang professional."
Tujuan Khusus :
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan pendidik Pendidikan Agama Islam di Sekolah / Madrasah.
Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Melaksanakan pengabdian dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Melaksanakan program peningkatan mutu pendidik Pendidikan Agama Islam.
Menjalin kemitraan strategis dan sinergis dengan berbagai pihak.
📖 AKREDITASIÂ
Program Studi Pendidikan Agama IslamÂ
Sekolah Tinggi Ilmu TarbiyahÂ
INSAN KAMIL BOGORÂ
Terakreditasi Baik
Berdasarkan Keputusan:
BAN-PT No. 2580/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2021
Tanggal: 28 April 2021
Kurikulum
A. Microteaching (3 (2-1) P) SKS
Di Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Insan Kamil Bogor, microteaching adalah komponen penting dalam Mata Kuliah pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai dan dapat menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan calon guru yang profesional. Mata Kuliah ini berisi tentang materi; pelaksanaan pelatihan keterampilan dasar mengajar dan pembimbingan, yang terdiri dari:
Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran,
Keterampilan bertanya,
Keterampilan memberi penguatan,
Keterampilan mengadakan variasi,
Keterampilan menjelaskan,
Keterampilan membimbing diskusi kelompok,
Keterampilan mengelola kelas,
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Â
 Capaian Pembelajaran (CPL) dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengelola proses pembelajaran berbasis kelas yang bisa mengoptimalkan potensi diri siswa sebagai manajer dan fasilitator KBM pada jalur formal dan nonformal.
STIT Insan Kamil Bogor memfasilitasi mata kuliah microteaching dengan didukung adanya fasilitas pendukung yaitu laboratorium microteaching.
B.  Wawasan Al-Ihya Insan Kamil (2 (2-0)) SKS
STIT Insan Kamil Bogor memiliki mata kuliah ciri khas khusus yaitu wawasan Al-Ihya Insan Kamil. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengenal lebih dalam tentang sejarah berdirinya Al-Ihya Insan Kamil Bogor, Konsep Pendidikan Al-Ihya~Insan Kamil, Visi-Misi Al-Ihya~Insan Kamil.
Capaian Pembelajaran (CPL) dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami, menganalisa serta mengaplikasikan konsep pendidikan Al-Ihya~Insan Kamil dalam kehidupan sehari-hari dan mewujudkan sarjana yang ulama.
Kurikulum Pendukung Program Unggulan HAKI dan Pendidikan PAIÂ
STIT Insan Kamil Bogor memiliki beberapa mata kuliah pendukung untuk menunjang ketercapaian HAKI sebagai program unggulan diantaranya:
Kapita Selekta Pendidikan
Kaligrafi
Kewirausahaan Digital
Tarikh Tasyrik
English Speaking
Pendidikan Holistik
Ilmu Dakwah
Muhadatsah Yaumiyah
Media Siaran
Desain Grafis
Bimbingan Konseling